Tips Kemasan

Mengenal Kopi Temanggung, Kopi Dengan Cita Rasa Tembakau 

mengenal-kopi-temanggung-kopi-dengan-cita-rasa-tembakau

 

Kopi Temanggung adalah salah satu kopi ternikmat di dunia dengan cita rasa yang khas. Rasa yang tak ada duanya karena sangat berkarakter. Jenis Kopi Temanggung ini adalah kopi arabica. Nah Indonesia sendiri merupakan salah satu negara terbesar yang mengekspor kopi arabica, salah satu kopi arabica yang menjadi favorit para penikmat kopi dunia adalah Kopi Temanggung ini. Cita rasa yang khas dari tembakau ini menjadikan rasanya berkarakter dan tidak bisa ditemukan di kopi nusantara daerah lain.

Daerah Temanggung sendiri merupakan komoditi kopi terbesar dan utama di Kabupaten Temanggung yang berada di dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau. Kabupaten Temanggung ini sudah dikenal sebagai salah satu produsen tanaman kopi terbesar di Jawa Tengah. Kopi dari Temanggung ini tidak hanya mampu menembus pasar lokal saja namun juga telah menembus pasar ekspor. Rasanya yang unik dan karena kualitasnya baik inilah yang menjadi alasan kopi ini banyak peminatnya. Kebanyakan Kopi Temanggung ini dijual oleh para petani dalam bentuk biji.

mengenal-kopi-temanggung-kopi-dengan-cita-rasa-tembakau

Kopi Temanggung Kopi Organik Yang Mendunia

Kopi arabica dari Temanggung ini kemudian dikenal dengan identitas geografis sebagai Kopi Sumbing, Kopi Sindoro, Kopi Prau. Dimana kopi ini mampu bersaing dengan kopi arabica yang dihasilkan oleh negara benua Afrika, Amerika dan negara Asia seperti Vietnam dan Thailand. Tahukah kamu jikalau Kopi Temanggung ini juara 1 dunia di Swedia 2 x berturut – turut. Bahkan jenis kopi robustanya juga mampu memenangkan juara nasional 3 x berturut -turut.

Kopi Temanggung ini masuk dalam kopi organik yang alami dan melewati proses perawatan yang cukup baik. Proses penanamanya tanpa campuran bahan kimia, dan pemeliharaannya ada beberapa hal yang diperhatikan. Kopi organik ini diproduksi dan dibudidayakan pada lahan yang tingkat kesuburannya tinggi, curah hujan cukup dan dukungan dari beberapa faktor lingkungan. Dikatakan kopi organik karena perawatan penanaman sampai pengolahanya sangat diperhatikan dan dengan menggunakan cara alami.

KOPI TEMANGGUNG

Daerah Asal Kopi Temanggung

Kopi Temanggung Arabica tumbuh di dataran tinggi 1000 sampai 2000 mdpl. Kopi ini tumbuh subur di dataran tinggi di Kabupaten Temanggung. Dengan curah hujan berkisar 1200 sampai 2000 mm. Suhu lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan kopi disini berkisar 15 derajat sampai 24 derajat celcius. Pada dataran tinggi di Temanggung ini sangat cocok ditanami kopi jenis arabica. Kopi Temanggung ini memiliki karakter dan aroma sekaligus rasa yang unik dan sangat berbeda dengan kopi di daerah lain.

Ciri Khas

Biji Kopi Temanggung ini dikenal memiliki kualitas terbaik dan unggulan. Memang ada 2 jenis kopi di daerah Temanggung ini. Namun yang paling terkenal adalah kopi jenis arabica. Ciri khas yang dimiliki kopi yang satu ini adalah rasa asamnya. Sehingga ketika dinikmati akan meninggalkan bekas rasa asam dimulut.
Aroma dan cita rasa yang dihasilkan dari kopi ini adalah tembakau. Selain rasa tembakau, kopi ini juga mengandung cita rasa coklat dan karamel. Perolehan cita rasa ini bisa jadi diperoleh pada saat proses panen. Body dari kopi yang satu ini adalah medium yang artinya tidak terlalu pahit. Untuk para pecinta kopi yang tidak begitu menyukai kekentalan dan kepekatan rasa kopi, jenis kopi yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Karateristik

Kopi Temanggung ini memang sangat berkualitas dengan dibuktikan dengan daerah tempatnya dibudidayakan di dataran tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa Temanggung adalah salah satu daerah penghasil tembakau. Tentunya tanaman tembakau yang ditanam di sekitaran tanaman kopi ini akan turut mempengaruhi cita rasa dari kopi arabica temanggung ini. Rasa tembakau akan terasa ketika menyeduh secangkir kopi ini. Hal tersebut karena sari dari tanaman tembakau diserap oleh tanaman kopi di sekitar.

Kelebihan Kopi Temanggung

Menariknya Kopi Temanggung ini memiliki karakter kopi dengan rasa gurih dan aroma nutty. Aroma kopi yang satu ini diperkaya dengan tembakau segar. Dimana rasa tembakau yang khas ini tidak bisa ditemukan di jenis kopi nusantara lainnya. Bahkan kelebihan dari kopi yang satu ini merupakan salah satu kopi yang penikmatnya sampai mancanegara dan sudah diakui kenikmatannya dengan melalui beberapa kali kejuaraan di dunia maupun di lokal. Pasarnya yang sudah menembus pasar internasional inilah yang menjadikan ekspor akan kopi ini cukup tinggi.
Nah tadi adalah gambaran sedikit mengenai Kopi Temanggung Papua yang khas dengan keunikanya. Kopi terbaik di Papua yang sangat mendunia, selanjutnya kita akan bahas mengenai beberapa contoh kemasan kopi apa saja yang biasanya digunakan dan menjadi favorit para pebisnis kopi.

Kemasan Kopi Temanggung

Standing Pouch Craft

kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer. Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).
standing-pouch-craft-temanggung
Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang snagat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Standing Pouch Aluminium Foil

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih dsb. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

standing-pouch-aluminium-foil-temanggung

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dan masih banyak lagi. Kemasan ini banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.