Tips Bisnis

Tips Marketing Bisnis Coffee Shop Untuk Membidik Target Milenial

tips-marketing-bisnis-coffee-shop-untuk-membidik-target-milenial

 

Adanya tips marketing membantu sebuah bisnis untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak dan lebih tinggi lagi. Dengan adanya strategi serta perencanaan yang lebih terstruktur dalam marketing akan mendukung penjualan mencapai tujuan yang direncanakan. Pengembangan strategi marketing membantu pendistribusian menjadi lebih efisien dan efektif, membantu membangun citra merk atau brand, menciptakan produk yang menjual dipasaran.

Dalam menekuni bisnis apapun tak akan lepas dari yang namanya strategi marketing. Bahkan bisnis yang sudah berhasil dan sukses tak mungkin tanpa adanya jurus rahasia dalam memasarkan. Tak terkecuali bisnis coffee shop, ketika kamu memutuskan untuk menekuni bisnis yang satu ini maka salah satu hal yang wajib banget kamu pelajarin adalah strategi marketing memulai bisnis coffee shop ini.tips-marketing-bisnis-coffee-shop-untuk-membidik-target-milenial

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Coffee Shop

Sudah pasti apabila ingin bisnismu ini bertahan dan tetap tumbuh ditengah derasnya persaingan pasar ini maka disarankan untuk terus menjaga identitas nama brand, rajin dalam berinovasi dan kreasi, memberikan pelayanan prima pada konsumen, sering melakukan promosi dan memberi diskon pada moment tertentu, memperbanyak kedai kopi, dan masih banyak cara lagi yang harus kamu lakukan.

Memang sekarang ini bisnis coffee shop memang sedang booming dan menjadi trend. Sejak beberapa tahun terakhir bisnis kopi menjadi incaran para pelaku bisnis. Konsumsi kopi di seluruh dunia terutama Indonesia kini semakin meningkat.

Tak hanya di Indonesia, kopi menjadi minuman yang cukup populer dari dulu hingga kini. Mulai dari lapisan masyarakat kelas bawah hingga atas menyukai kopi. Apalagi ditambah sekarang ini inovasi sajian kopi semakin menarik untuk dicoba. Sehingga kini kopi tak hanya disukai kaum adam saja, namun sekarang ini para kaum hawa turut menyukai dan ketagihan dengan racikan kopi varian rasa.

Pentingnya Strategi Marketing

Ditambah lagi dengan trend anak muda milenial zaman sekarang yang menjadikan ngopi sambil nongkrong sebagai budaya. Sehingga tentunya menjadikan bisnis kopi turut terus mengalami peningkatan dan semakin populer. Tak heran jika kini banyak para pelaku bisnis yang memulai bisnis coffee shop ini. Bisnis coffee shop ini dinilai cukup menjanjikan dan memiliki peluang yang cukup besar.

Dengan membidik target para anak muda milenial tentunya merupakan ide yang sangat cerdas. Sekarang ini konsumen tertinggi paling konsumtif didominasi oleh para genarasi milenial, yakni generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai 2000. Dengan budaya konsumtif para generasi milenial ini tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk meningkatkan penjualan bisnis yang dijalankan.

Namun dengan banyaknya para pelaku bisnis yang memilih menekuni bisnis coffee shop dengan target para anak muda milenial pula ini tentu persaingan semakin ketat. Untuk dapat bersaing dan bertahan maka perlunya strategi marketing.

Untuk menyusun strategi untuk menarik perhatian para genarasi milenial pun tidak semudah yang kita kira. Kita harus memahami karakter dan bagaimana kebiasaan para anak muda milenial ini. sebagai pelaku bisnis kamu perlu mengetahui bagaimana generasi milenial ini berinteraksi dan pola mereka dalam melakukan pembelian kopi. Hal tersebut sangat perlu dilakukan untuk dapat membidik target pasar dengan mudah dan tepat sasaran.

tips-marketing-bisnis-coffee-shop-untuk-membidik-target-milenial

Tips Marketing Membidik Generasi Milenial

Nah dalam bisnis coffee shop ini saat kamu mau menargetkan generasi milenial, beginilah tips rahasia marketing membidik target pasar agar tepat sasaran.

Reputasi Brand Positif

Tahukah kamu jika para generasi muda milenial ini cukup selektif membeli suatu produk. Meskipun mudah tergoda akan adanya trend namun mereka merupakan genaerasi yang juga mempertimbangkan berdasar presepsi brand. Sebelum mereka membeli suatu produk mereka akan mencari tahu testimoni, review teman mereka atau orang yang sudah pernah membeli produk tersebut.

Generasi sekarang ini lebih berhati-hati dalam membeli sebuah produk yang mana mereka percaya akan kekuatan word of mouth. Maka pastikan jika kamu terus mempertahankan dan membangun reputasi bisnismu agar menciptakan gambaran karakter anak muda milenial. Dengan begitu mereka akan lebih percaya diri dan meningkatkan kepercayaan mereka sebelum melakukan tindakan sebelum akhirnya membeli.

Bekerjasama Dengan Influncer

Bekerjasama dengan menggaet para ifluncer tentunya solusi paling cerdas ketika kamu membidik target pasar para anak muda milenial. Strategi marketing dengan menggaet influncer ini memang sedang trend saat ini. Dengan menggaet influncer ini menjadi cara yang paling efektif karena anak muda milenial sekarang ini mudah menerima dan percaya rekomendasi dari idola atau tokoh terkenal yang menurit mereka lebih ahli.

Pada sosial media apapun sekarang ini sudah dengan mudah menemukan influncer. Bahkan influncer tersbeut sudah memiliki followers dengan jumlah ribuan hingga jutaan. Sudah bukan perkara sulit bagi influncer tersebut untuk memasarkan produkmu dengan ribuan dan jutaan folllowes mereka.

Nah untuk memilih influncer kamu harus menyesuaikan dengan produk kamu. Jika produk yang kamu jual kopi maka pastikan kamu memilih mereka yang memang penyuka kopi, atau ahli dalam bidangnya tersebut. Bisa juga kamu menggaet para vlogger khusus kopi dsb. Pastikan juga apabila konten mereka juga menjurus pada soft selling.

Menggunakan Konten Soft Selling

Hal yang perlu kamu tahu akan karakter anak muda milenial ini jika mereka tidak menyukai sesuatu yang kesannya diperintah. Mereka cenderung kritis dan pandai dalam menganalisis apabila mendapati sebuah iklan atau promosi. Maka penting sekali kamu membuat iklan dengan memperhatikan karakter mereka. Pastikan kamu membuat iklan tidak terang – terangan memerintah untuk membeli. Namun lakukan pendekatan dengan membuka kesadaran mereka terhadap manfaat dan keunggulan dari produkmu.

Dengan begitu mereka akan dengan mudah memahami dan tersadar dari manfaatnya produk terhadap mereka. Sehingga pastikan juga ketika kamu memasang iklan tidak melulu kamu harus posting produkmu. Buat konten yang menarik dan lebih terstruktur sehingga bisa berisi gambar, video edukasi, informasi dan bisa juga tips dan trik. Dengan begitu mereka tidak akan mudah bosan dan tentunya akan mudah tertarik dengan diberikannya pengetahuan lebih banyak mengenai produkmu.

Sistem Cashless

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan berkembang dengan cepat menjadikan banyak kemudahan dari segi apapun. Sekarang membeli produk bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke lokasi langsung. Bahkan strategi marketing pun dilakukan secara online dan sangat praktis sehingga memudahkan segalanya untuk membuat waktu lebih efektif dan efisien.  Dinegara lain pun sekarang untuk pembelian sebuah produk sudah disediakan sistem online. Jadi ketika membeli suatu produk ketika memesan dan membayar tak harus melalui cashier.

Begitu pula dengan sistem pembayaran, sekarang ini sudah banyak yang menggunakan sistem yang lebih canggih. Tanpa harus membayar dengan uang cash pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit maupun debit. Kebiasaan belanja sekarang hampir dimana – mana menggunakan sistem ini. Maka usahakan untuk menyediakan pembayaran dalam sistem online. Apalagi sekarang sudah banyak pembayaran yang didukung oleh digital yakni dengan menggunakan via ovo dan lain sebagainya.

Maka pastikan jika bisnismu mendukung pembayaran dengan menggunakan ovo dan menyediakan sistem pembayaran online lainnya untuk menjangkau kaum milenial. Dengan pembayaran yang mudah dan cepat ini tentunya menjadi lebih praktis, maka tak heran jika cara ini lebih disukai para kaum muda milenial dibandingkan pembayaran secara cash.

Sekian tips marketing bisnis coffee shop yang kami bagikan untuk kalian semua. Semoga bermanfaat :)