Biar Kedaimu Nggak Kalah Saing, Cetak Cup Kopi Pakai Brand Usahamu!

biar-kedaimu-nggak-kalah-saing-cetak-cup-kopi-pakai-brand-usahamu

Kamu adalah seorang pebisnis kopi? Tentunya kamu sudah punya pengalaman yang banyak dalam bidang ini bukan. Nah, jika kamu memang sudah berpengalaman, tentunya kamu sudah memiliki brand sendiri untuk kopimu. Baik, bagi kamu yang sudah terjun di dunia ini atau bagi kamu yang belum menerjuni bidang bisnis kopi, ada hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis ini.

paper-cup-baner-web

Hal tersebut adalah cup untuk produk kopimu. Mengapa cup ini penting, sebab tanpa cup maka kamu akan kebingungan bagaimana menjual kopi, apalagi jika pembeli mau membawa kopinya. Tentu tidak mungkin jika kamu akan memberikan gelas atau cangkir. Mungkin jika kamu berjualan kopi ala warung biasa, membungkus kopi dengan plastik masih wajar. Namun, bagaimana jika berjualan kopi di tempat strategis seperti di mall, atau cafe. Tentu membungkus kopi dengan kertas akan sangat memalukan. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai memakai cup untuk kopi.

Jika kamu sudah tahu alasan mengapa harus menggunakan cup kopi, maka sekarang kamu harus tahu bagaimana membuat cup yang menarik. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah dengan membuat cup yang desainnya ada logo atau brand kamu. Kamu bisa menambah logo kamu di cup tersebut agar lebih beda dari brand sebelah. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat menambahkan brand pada cup untuk kopi:

Manfaat Cetak Cup Kopi Pakai Brand Sendiri

  • Produk Lebih Mudah Diingat

Sebagai penjual kopi, tentunya kamu berharap agar pelanggan mengingat nama produk kamu bukan? Mungkin jika kamu hanya menjual kopi berwadah cup polosan, orang-orang akan kebingungan apa nama merek dan dimana lokasi jualnya. Sebaiknya kamu memberikan brand yang mudah diingat oleh pelanggan. Mungkin kamu bisa memberikan brand “kopi enak”, atau “Dix Coffee””. Selain brand, sebaiknya kamu juga menambahkan plastik untuk mengemas cup tersebut agar mudah dibawa.

  • Produk Lebih Terlihat Elegan

Mungkin jika kamu pergi ke fast food yang ada di mall besar, kamu akan melihat kopi yang berwadah cup dengan merek-merek besar. Kamu pasti tahu kalau tak sedikit orang yang membeli produk tersebut kan? Nah, apa kamu pikir mereka membeli karena rasanya? Memang sebagian begitu, namun kebanyakan mereka hanya tertarik karena ada brand tertentu pada cup-nya. Sehingga mereka membelinya dan memotret, lalu mengunggahnya ke media sosialnya agar terlihat sebagai anak hits. Agar tak ketinggalan dengan brand-brand besar yang ada di mall-mall, maka sebaiknya kamu cetak cup kopi pakai brand kamu sendiri

  • Harga Produk Lebih Tinggi

Berbeda dengan produk tanpa brand, jika kamu memberikan brand pada cup kopi kamu, maka harganya otomatis akan lebih tinggi. Biasanya seberapa kamu menjualnya, konsumen akan tetap membelinya. Sebab mereka akan berpikir kalau produk kamu adalah produk kelas tinggi. Namun jangan sampai hanya mengandalkan kemasan saja, kamu juga harus menyesuaikan rasa kopi kamu dan harga jualnya.

  • Lebih Bisa Bersaing Dengan Kompetitor

Sebagai pengusaha kopi, tentunya kamu sadar kalau kamu tidak sendiri bukan? Ada banyak pesaingmu di luar sana. Nah, manfaat desain brand sendiri pada cup kamu akan membuat produkmu bisa bertarung dengan produk mereka. Setelah membuat brand sendiri, tinggal bagaimana kamu memasarkannya. Kamu bisa mulai mengiklankan kedai kopimu di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, atau melalui radio lokal. Dengan adanya brand ini, maka kamu akan mudah menyebutkan nama produk saat mengiklan. Mudah kan?

Itulah beberapa kelebihan jika kamu memakai cup pada produk kopi kamu. Lalu, timbul pertanyaan, bagaimana cara memilih cup yang sesuai untuk produk kita? Tenang, jangan khawatir, berikut tips untuk kamu yang kebingungan menentukan cup kopi.

Tips Memilih Cup Untuk Kopi

  • Gunakan Bahan Yang Sesuai Dengan Produk

Jika kamu mau menjual kopi yang panas, maka sebaiknya kamu memilih cup yang berbahan tebal. Mengapa, sebab cup dengan bahan tebal akan lebih tahan terhadap panas. Dan pembeli yang memegang kopi tidak akan kepanasan. Selain itu, bahan yang tebal juga memiliki tingkat kerapatan yang lebih bagus, sehingga kamu bisa menghindari kebocoran pada produk kamu. Tidak lucu kan jika tiba-tiba pembeli ketumpahan kopi setelah memegang produkmu. Maka dari itu, gunakan bahan cup yang tebal.

Nah, bila kamu menjual dua jenis kopi, panas dan dingin, maka kamu bisa memakai cup dari bahan plastik. Biasanya bahan plastik ini lebih murah dibandingkan dengan cup yang berbahan kertas, sehingga kamu bisa sedikit menghemat. Menyesuaikan cup dengan produk adalah kunci dari lancarnya jualan kamu, maka dari itu kamu harus bisa terus berinovasi.

  • Pilihlah Cup Yang Baru Diproduksi

Sebelum kamu membeli cup, sebaiknya kamu memastikan cup tersebut barang baru apa barang yang sudah lama. Memang cup tidak akan kadaluarsa, namun cup yang sudah lama disimpan cenderung akan lebih ditempeli kotoran, sehingga akan mengurangi kehigienisan produk kamu. Dengan cup baru, maka kamu bisa sedikit lega dengan masalah kebersihannya.

  • Pilih Cup Kopi Yang Bisa Dicustom

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud cup kopi custom? Seperti namanya, cup kopi jenis ini adalah cup yang bisa kita custom atau atur sesuai keinginan kita. Pada beberapa toko, cup kopi model custom bisa kita beli, sehingga akan memudahkan kita untuk mendapatkan cup sesuai produk. Selain itu, cup yang bisa dicustom juga akan memudahkan kita dalam menuangkan ide. Kita bisa menambahkan logi, no hp, atau hal lain yang bisa menarik pembeli. Kamu pun bisa menambahkan promo pada cup kamu, misalnya kamu menambahkan kata-kata seperti beli 7 gratis 1. Atau gratis antar jika membeli dengan nominal tertentu. Hebat kan?

  • Pilih Ukuran Yang Sesuai

Meski banyak yang menyediakan cup kopi custom, namun untuk ukuran mungkin belum bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita. Namun ada banyak ukuran yang sudah biasa dipakai oleh pebisnis kopi. Nah, ukuran inilah yang bisa kamu pilih untuk produk kamu. Sebaiknya kamu menyesuaikan ukuran dengan harga produk kamu. Jangan memilih cup yang terlalu besar dan menjualnya dengan harga yang rendah. Atau menggunakan cup kecil dan menjualnya dengan sangat mahal. Ini akan membuat orang berpikir uang untuk membeli produk kamu.

  • Pilih Cup Yang Harganya Terjangkau

Jika kamu mau untung, sebaiknya kamu menggunakan cup yang harganya terjangkau. Namun ingat, jangan sampai kelewat murah. Sebab barang murah biasanya memiliki kualitas yang tidak bagus. Maka dari itu, carilah cup dengan harga yang sesuai dengan kualitas. Jika ada, carilah yang murah dan kualitas bagus.

Nah, itulah ulasan tentang pentingnya menggunakan brand pada usaha kopi. Selain bisa membuat produk lebih menarik, cup kopi custom juga akan membuat pembeli ramai-ramai menyerbu kedaimu. Mungkin kamu punya ide untuk custom cup kopi? Coba tuangkan idemu di kolom komentar ya!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar