Pesan Cup Kopi Pakai Nama, Kini Jadi Ajang Narsis Kalangan Milenial

pesan-cup-kopi-pakai-nama-kini-jadi-ajang-narsis-kalangan-milenial

Apakah saat ini Anda sedang berencana menjalankan bisnis coffeeshop dan sedang mengolah ide tentang cup kopi custom paling menarik? Barangkali artikel ini dapat membantu Anda menemukan inspirasi mengenai desain dan cetak cup kopi. Check it out!

paper-cup-baner-web

Inspirasi mengenai desain dan cetak cup kopi

Cup Kopi Pakai Nama

Pernahkah Anda melihat cup kopi yang di depannya bertuliskan nama Anda sebagai pemesan? Ya, begitulah salah satu desain cup kopi yang sedang hits di era modren ini. Gerai-gerai minuman kopi/coffeeshop sudah banyak yang menggunakannya. Ternyata, tujuannya bukan sebatas untuk mempercantik cup kopi itu sendiri, melainkan ada hal-hal menyenangkan sekaligus memudahkan untuk pembeli dan penjual, contohnya seperti ini:

Bagi Penjual/Barista

Pesan cup kopi pakai nama memudahkan barista mengingat orderan masing-masing konsumennya. Saat gerai kopi/coffeeshop sedang ramai, akan sulit mengingat satu per satu orderan yang masuk. Apalagi jika crew store yang bertugas sedikit jumlahnya. Jadi mereka terpaksa harus rangkap kerja: antara menghandle orderan, meracik kopi, hingga menyajikan. Dengan adanya cetak cup kopi bernama, barista tinggal menyiapkan pesanan berdasarkan apa yang ditulis pada permukaan badan cup.

Bagi Pembeli

Manfaatnya bukan hanya dapat dirasakan penjual saja, tapi juga pembeli. Dari sisi psikologis, tidak dipungkiri bahwa banyak konsumen yang merasa senang begitu melihat namanya tertulis pada cup kopi yang dipesan. Bahkan ini bisa jadi sesuatu yang membanggakan ketika beli kopinya di gerai/coffeeshop ternama, semisal Starbuck. Itu mengapa banyak konsumen yang percaya diri mengunggah foto cup kopinya di sosial media. Anda sendiri bagaimana? Pernah melakukannya?

Pesan Cup Kopi Pakai Nama

Cup kopi pakai nama merupakan salah satu yang memang paling banyak dipilih. Desain seperti ini dapat diterapkan pada cup kopi berbahan kertas (paper cup) maupun plastik. Hanya saja, dari segi ketahanan tentunya cup plastik lebih unggul ketimbang cup kertas. Sebab apabila cup terkena air, tulisannya tidak mudah luntur.

Cup kopi custom sendiri dapat diorder melalui jasa percetakan yang tersebar di seluruh Indonesia. Biaya cetak cup kopi bisa dibilang cukup bervariasi, tergantung jenis material cup yang digunakan, volume, dan kelengkapannya (tutup dan sedotan). Umumnya percetakan menerapkan aturan pemesanan minimal 100 cup. Jika lebih daripada itu biasanya akan ada diskon hingga harga per pcs cup jadi semakin murah.

Cara Memilih Cup Kopi: Plastik Atau Kertas?

Setelah konsep desainnya sudah ada dalam kepala, sekarang giliran menentukan material seperti apa yang paling bagus untuk sebuah cup kopi? Apakah yang berbahan plastik atau kertas? Agar tak salah pilih, coba pelajari dulu keunggulan cup kopi plastik atau kertas berikut ini.

  1. Plastik Cup Kopi

Pertama

Tidak mudah pecah dan bocor. Plastik merupakan material yang kokoh dalam menampung beban cairan (liquid) di dalamnya. Bahkan karena sifatnya yang lentur, jika cup disegel dengan benar maka bisa tahan terhadap guncangan. Jadi praktis untuk dibawa bepergian.

Kedua

Warnanya yang transparan membuat isi di dalamnya mudah terlihat dari luar. Sehingga mampu memberi kesan menggoda ketika dipajang pada rak display dalam keadaan terisi. Apalagi jika bagian luarnya ditambahkan printing dengan desain yang lucu dan menggemaskan.

Ketiga

Menyebarkan suhu dingin lebih optimal. Kemasan plastik selalu dapat diandalkan untuk mempercepat proses penyebaran dingin pada minuman yang ditambahkan es. Karena itulah, cup plastik sebenarnya lebih cocok untuk kopi dingin daripada kopi panas.

Keempat

Volumenya besar. Cup kopi plastik tersedia dalam beberapa macam ukuran. Paling kecil mampu memuat isi minimal 10 Oz, sedangkan yang paling besar sebanyak 24 Oz. Karena besarnya muatan gelas plastik maka sangat memungkinkan jika minuman ditambahkan beberapa keping es batu di dalamnya.

Kelima

Printing tidak mudah luntur. Saat ini pengusaha minuman kopi jarang mengandalkan cup polos dalam penyajian kopi. Agar tampilan kopi lebih eye catching dan menaikkan nilai jual, maka didesainlah cup semenarik mungkin. Sebagian orang menempelkan stiker logo sebagai pemanis.

Cetakan pada cup plastik lebih awet dibandingkan printing pada cup kertas

Namun, lambat laun penambahan stiker mulai dirasa kurang praktis karena stiker-stiker tersebut harus digunting terlebih dahulu baru ditempel pada setiap gelas. Maka pilihan selanjutnya jatuh pada sablon atau printing. Dengan mesin cetak cup kopi, desain yang diinginkan sudah langsung melekat di badan gelas. Lebih daripada itu, hasil cetakan pada cup plastik lebih awet dibandingkan printing pada cup kertas.

  • Harga terjangkau. Dari segi harga, penggunaan cup plastik dapat meringangankan beban pengeluaran modal. Sebab, bila dibandingkan dengan cangkir kaca/porselen, jelas harga cup kertas jauh lebih murah.
  • Mudah disimpan dan tahan lama. Cup kopi yang terbuat dari plastik mampu bertahan lama dalam gudang penyimpanan. Mudah dikemas karena tidak mudah penyok atau koyak. Jadi kita bisa menyetok cup plastik dalam jumlah besar sebagai persediaan selama berbulan-bulan.
  • Mudah dibersihkan. Cup plastik tampak berdebu karena disimpan lama? Tenang, tinggal cuci dengan air bersih lalu keringkan. Cup bisa kembali digunakan tanpa mengurangi nilai fungsi dan estetika bentuknya sama sekali.

            Kelemahan

  • Sulit diurai di dalam tanah. Plastik terkenal sebagai material yang paling lama mengalami pembusukan. Butuh bertahun-tahun lamanya untuk menghancurkan sampah plastik secara alami (nonbiodegradable). Itulah yang menyebabkan plastik disebut dengan material yang tidak ramah lingkungan.
  • Beberapa jenis plastik tidak tahan terhadap suhu panas. Kabar buruknya, sebagian besar cup plastik bukan diperuntukkan untuk minuman panas. Namun, kurangnya pengetahuan menyebabkan orang tetap menggunakan cup plastik untuk menyeduh minuman panas. Padahal hal itu sangat berisiko buruk terhadap kesehatan.
  1. Paper Cup Kopi

  • Memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan kita ketika memegangnya. Bahkan, sangat aman bila dipegang oleh anak-anak karena terhindar dari risiko pecah.
  • Tahan terhadap suhu panas dan dingin. Bila cup plastik lebih diutamakan pada es kopi atau minuman-minuman dingin lainnya, maka papercup justru dapat digunakan untuk minuman panas maupun dingin. Papercup terdiri dari beberapa jenis berdasarkan ketebalan dinding dalamnya.Bahkan, paper cup kopi aman dimasukkan ke dalam microwave. Jika ingin lebih kokoh terhadap panas maupun embun yang dihasilkan dari batu es/air dingin, sebaiknya pilih paper cup dengan tiga lapisan dinding.
  • Ramah lingkungan. Kertas termasuk material yang proses penguraian alaminya tidak membutuhkan waktu terlalu lama sehingga tidak mencemari lingkungan di sekitarnya.
  • Bisa didesain sesuai keinginan. Cup kopi custom juga bisa diterapkan pada cup berbahan kertas. Memang terkadang jika sablonnya kurang bagus, tintanya bisa luntur bila terkena embun dari batu es.

            Kelemahan

  • Tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Apabila disimpan pada tempat yang lembap, papercup kopi akan rentan berjamur. Sedangkan bila terlalu sering terkena paparan sinar matahari, warnanya akan memudar serta teksturnya menjadi kering dan kaku. Belum lagi jika disimpan dalam posisi bertumpuk, cup akan mudah sekali penyok.
  • Tingkat higienis kurang maksimal. Hal itu dikarenakan papercup tidak bisa dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

Begitulah kira-kira gambaran mengenai cup kopi. Apapun materialnya, pastikan pesan cup kopi dengan desain seapik mungkin guna mendongkrak nilai jual. Semoga beruntung.

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar