Cetak Kemasan Kopi Sablon, UKM Bisa Naikin Level Produk!

Cetak kemasan kopi sablon menjadi pilihan untuk pelaku bisnis kopi termasuk pebisnis UKM untuk menjadikan produknya naik kelas. Dalam membangun bisnis kopi, kemasan kopi tidak boleh dianggap remeh. Walaupun hanya kemasan, tetapi ini menjadi faktor utama untuk menaikkan level produksi. Selain itu, kemasan kopi bisa menjadi alternatif untuk menarik minat konsumen terhadap produksi kopi itu sendiri.

Manfaat Cetak Kemasan Kopi Sablon

Selain menjadi daya tarik konsumen, cetak kemasan kopi sablon juga bisa menjadi pendukung dalam hal menaikkan brand atau merk dari kopi itu sendiri. Kemasan kopi sendiri memiliki nilai tambah dalam menentukan nilai jual kopi. Berikut adalah beberapa manfaat cetak kemasan kopi sablon untuk produksi kopi itu sendiri. Yuk kita simak apa saja manfaat dari cetak kemasan kopi sablon untuk produk anda.

  1. Kemasan Kopi Sebagai Wadah Dari Kopi Itu Sendiri

Kemasan kopi memiliki fungsi sebagai wadah dari bahan kopi itu sendiri. Agar kopi terjaga kesegaran dan ketahanannya, produsen kopi membuat berbagai macam bahan kemasan kopi seperti kertas, plastik atau kaca.

Sebagian besar kita menemukan kemasan kertas dan plastik. Untuk kemasan kertas, kita sering menemui pada produk-produk kopi yang dijual secara online.

Ada kemasan kopi yang teruat dari plastik. Seperti yang kita ketahui, kopi yang dijual dalam kemasan plastik biasanya sudah memiliki brand ternama. Karena kopi didistribusikan ke banyak tempat, kopi ini biasanya menggunakan bahan plastik.

Tapi, anda tidak perlu khawatir dengan pengaruh kebersihan lingkungan, ada juga beberapa produsen yang menyediakan plastik kemasan kopi dari bahan yang mudah diuraikan.

  1. Kemasan Kopi Menjadi Identitas Produk Kopi

Identitas brand kopi biasa dikenal lewat logo dan tulisan yang ada pada sablon kemasan kopi itu sendiri. Setiap produk kopi memiliki masing-masing brand dan logo sesuai dengan ciri khasnya masing-masing.

Seperti yang kita tahu, brand-brand kopi ternama biasanya memiliki karaketristik gambar atau tulisan sesuai dengan kemasan masing-masing.

Jadi, kemasan sangat berguna bagi produsen untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengetahui identitas kopi itu sendiri. Itulah alasannya kemasan bisa menjadi identitas produk kopi sehingga bisa mengenal merk kopi. Anda pasti sering menemukannya di beberapa warung kopi.

  1. Kemasan Kopi Juga Menjadi Sarana Komunikasi

Kemasan bisa juga berfungsi sebagai sarana komunikasi supaya produksi kopi bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Pabrik atau industri kopi biasanya mencantumkan tulisan brand dan logo unik saat proses cetak kemasan kopi.

Jadi, selain berkomunikasi lewat brosur dan media lain, anda juga bisa memanfaatkan kemasan kopi sendiri sebagai media promosi, contohnya dengan menambahkan tulisan isi lebih banyak, lebih enak dan tulisan lain yang dapat mempengaruhi konsumen.

Namun, di zaman sekarang media promosi tidak hanya lewat kemasan saja, tetapi juga lewat media sosial. Kemasan yang menarik juga bisa menjadi daya tarik para netizen untuk menaikkan start up brand kopi Anda.

  1. Melindungi Kopi Selama Proses Distribusi

Plastik kemasan kopi berfungsi untuk melindungi kopi saat dalam proses distribusi. Sebagian besar kemasan kopi yang terbuat dari plastik difungsikan untuk  tempat kopi dalam jumlah besar dan banyak. Biasanya kopi dikirim ke beberapa wilayah bahkan ekspor luar negeri.

Agar ketahanan kopi awet dan segar saat dalam proses pengiriman, kopi biasanya dikemas dalam plastik yang kedap udara. Selain itu, pabrik atau industri juga memberikan bahan khusus agar kemasan kopi terlindungi dari udara dan angin. Jadi, para produsen biasa menggunakan kemasan kopi dari plastik atau bahan lain yang dapat melindungi kualitas kopi.

  1. Memberikan Nilai Berbeda Pada Produk

Kemasan memberi kesan berbeda pada produk. Anda bisa melihat kualitas dari hasil cetak kemasan kopi itu sendiri. Seperti yang anda ketahui bahwa bentuk kemasan cetak sangat bermacam-macam. Merk kopi yang berkualitas biasanya menyediakan desain brand yang terlihat elegan.

Desain kemasan seperti ini biasanya bisa anda lihat di supermarket, pasar besar, warung kecil dan toko-toko kelontong.  Kemasan kopi menunjukkan seberapa populer brand kopi tersebut. Oleh karena itu, promosi tidak hanya ditunjukkan pada kemasan kopi tetapi juga pada sosial media, poster, brosur dan sebagainya.

  1. Kemasan Dapat Meningkatkan Efisiensi Produk Kopi

Jika anda biasa melihat sablon kemasan kopi, pabrik atau industri kopi mencantumkan berat bersih atau netto pada kemasan. Hal ini tidak semata-mata digunakan untuk hiasan saja. Petunjuk pada kemasan berfungsi sebagai alat ukur dalam menghitung kemasan dari kopi itu sendiri.

Misalnya saja kemasan kopi berisi sepuluh bungkus, satu gross atau satu lusin. Anda bisa  dengan mudah menghitung takaran dan jumlah bahan untuk mengirim atau menyimpan ke luar kota atau propinsi. Meskipun terlihat sepeleh, tapi efisiensi perhitungan takaran kopi sangat penting dalam perdagangan kopi.

  1. Melindungi Kopi Dari Bahan-Bahan Berbahaya Produk Lainnya

Kemasan kopi juga berfungsi melindungi kopi dari bahan berbahaya yang dikeluarkan dari produk lain seperti sabun, deterjen, pewangi, dan lain-lain. Karena anda tahu bahwa bubuk kopi sangat sensitif terhadap kelembaban udara dan pengaruh paparan lainnya.

Seperti yang anda lihat di supermarket dan toko lainnya, kopi kemasan bisanya dipajang dekat dengan produk lainnya seperti produk kecantikan dan lainnya.

Untuk menjaga kualitas kopi pun, biasanya pabrik atau industri juga memperhitungkan bahan plastik kemasan kopi dari bahan-bahan yang aman baik bagi tubuh dan juga lingkungan luar itu sendiri.

  1. Sablon Kemasan Juga Dapat Menaikkan Level UKM

Ternyata sablon kemasan kopi juga dapat menaikkan level kualitas produk kopi itu sendiri. Sebagian besar pedagang kopi yang terlibat dari UKM kopi pun merasa terbantu dengan adanya desain sablon kemasan yang menarik pada kopi.

Sablon memiliki bentuk-bentuk unik pada kemasan kopi itu sendiri. Hal inilah yang dapat meningkatkan produksi nilai jual untuk UKM kopi. Brand dan logo pada sablon dapat meningkatkan level UKM industri kopi apalagi jika sudah banyak konsumen yang mengetahuinya.

  1. Kemasan Kopi Dapat Meyakinkan Konsumen

Jika anda membeli kopi, anda biasanya melihat komposisi dari bahan kopi. Tulisan itu biasanya tercetak pada belakang kemasan kopi itu sendiri. Dari bahan-bahan itu, konsumen percaya terhadap keamanan kopi itu apakah kopi mengandung bahan-bahan berbahaya atau tidaknya.

Nah, jadi kemasan kopi dapat menunjukkan kualitas kopi itu sendiri pada konsumen.

  1. Kemasan Kopi Dapat Menentukan Masa Kesegaran Dan Ketahanan Kopi

Dengan memberi kemasan kopi, anda dapat memperkirakan kapan masa ketahanan kopi habis. Selain itu, anda dapat melakukan tindakan preventif sebelum kopi berjamur atau munculnya bakteri. Oleh karena itu, sangat penting mencantumkan tanggal kedaluarsa pada setiap kemasan.

Anda juga perlu mengurus surat izin BPOM dan sertifikat halal untuk pendukung pelabelan kemasan kopi agar konsumen lebih percaya pada produk kopi yang anda buat.

Sekarang anda bisa memahami betapa pentingnya kemasan untuk produksi kopi yang anda buat. Nah, sekarang bagaimana cara memilih kemasan kopi yang tepat? Tentunya pilih bahan sesuai kebutuhan dan jenis kopi yang anda buat. Yuk konsultasikan kemasan kopi yang anda butuhkan dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini. Ada promo menarik dan gratis desain!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar