Plastik Kemasan Kopi Seperti Ini Bikin Produkmu Siap Naik Kelas!

Plastik kemasan kopi menjadi salah satu jenis kemasan yang bisa jadi pilihan untuk mengemas produk kopi. Saat ini banyak para produsen kopi yang memilih jenis kemasan kopi dari bahan plastik. Memang plastik kemasan kopi menjadi salah satu pilihan produsen untuk mengemas kopinya. Walaupun plastik itu sendiri mempunyai spesifikasi yang beragam jenisnya. Untuk itu, sebelum anda memilih plastik yang dapat anda gunakan untuk mengemas kopi, tidak ada salahnya anda mengetahui kekurangan dan kelebihan mengemas kopi menggunakan plastik.

Kelebihan Plastik Kemasan Kopi

  1. Menjaga Kesegaran Kopi

Menggunakan bahan plastik kemasan untuk mengemas kopi ternyata memiliki kelebihan tersendiri yaitu dapat menjaga kesegaran aroma serta rasa dari kopi itu sendiri. Tentunya anda tetap ingin menjaga kualitas kesegaran serta aroma dari kopi yang anda racik, bukan? Serta anda tidak menginginkan orang yang menikmati kopi racikan anda pun merasakan rasa hambar ketika kopi tersebut diseduh? Untuk itu, gunakanlah kemasan dari bahan plastik untuk menjaga kesegaran serta aroma dari kopi yang anda racik.

paper-cup-baner-web
  1. Kemasan Lebih Menarik

Menggunakan bahan plastik untuk mengemas kopi yang anda racik akan membuat lebih menarik. Hal ini dikarenakan anda dapat mendesain kemasan tersebut. Salah satunya yaitu dengan melakukan sablon kemasan kopi yang memang sesuai keinginan anda. Anda dapat memilih sablon plastik kemasan untuk kopi yang anda sukai. Plastik kemasan kopi dapat anda desain dengan full colour sehingga terlihat lebih berwarna-warni. Dan anda pun dapat melakukan cetak kemasan kopi tersebut sesuai dengan kemauan anda pula.

  1. Kopi Lebih Tahan Lama

Kopi akan bertahan lama dalam kemasan kopi plastik. Untuk itu anda pun harus memilih plastik yang bersifat inert. Karena dengan anda menggunakan plastik yang mempunyai sifat inert ini maka tidak akan mengubah bau, rasa serta warna kopi anda.

  1. Plastik Kemasan Kopi Harga Lebih Murah

Dengan anda menggunakan kemasan kopi dari bahan plastik, maka anda pun dapat mengurangi biaya produksi yang ada. Karena plastik yang digunakan untuk mengemas kopi ini pun bisa anda dapatkan dengan harga murah. Bahkan harga sablon kemasan kopi dengan bahan dasar plastik juga bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Dengan demikian anda pun dapat melakukan cetak kemasan kopi lebih banyak dibandingkan jika anda mengemas kopi dengan bahan lain. Selain itu, dengan anda menggunakan bahan plastik maka keuntungan yang anda peroleh dari bagian produksi pun akan bertambah jika dibandingkan anda menggunakan kemasan lain.

Kekurangan Menggunakan Plastik Kemasan Kopi

  1. Bahan Plastik Kemasan Kopi Yang Sulit Diuraikan

Anda pun juga mengetahui bahwa kemasan kopi bahan plastik ini memang sulit untuk diuraikan. Bahkan butuh waktu ratusan tahun agar plastik ini dapat terurai secara sempurna. Untuk itu tidak heran jika pemerintah mulai mengeluarkan regulasi pembatasan penggunaan kemasan yang berbahan dasar plastik.

  1. Sudah Dibatasinya Penggunaan Plastik

Dengan adanya peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah tentang pembatasan penggunaan bahan plastik, memang saat ini bahan plastik juga sudah dibatasi produksinya pula. Untuk itu, anda harus pintar dalam menyiasati hal ini, agar anda tetap dapat menggunakan bahan dasar plastik untuk pengemasan kopi anda.

  1. Menyebabkan Pencemaran Lingkungan

Kemasan kopi yang berbahan dasar plastik, kini telah menjadi salah satu jenis sampah yang dapat mencemari lingkungan. Namun, anda tidak perlu khawatir karena saat ini para ilmuwan telah mencari cara untuk mendaur ulang plastik ini menjadi energi. Dengan tekanan dan suhu yang tinggi, plastik dapat diubah menjadi bensin (premium). Tetapi saat ini teknologinya masih dalam skala laboratorium.

Jenis Plastik Kemasan Kopi

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan kemasan dengan bahan dasar plastik, tidak ada salahnya anda pun juga mengetahui beberapa jenis plastik yang aman untuk mengemas kopi yang anda racik. Berikut beberapa jenis plastik yang aman untuk mengemas kopi hasil racikan anda.

  1. Poli Etilen Tereftalat (PET) Kode 1

Kemasan dengan bahan plastik yang satu ini memiliki sifat yang kuat, kedap gas dan air serta jernih. Biasanya bahan ini digunakan untuk mengemas selai. Anda dapat menggunakan jenis plastik kode 1 ini untuk mengemas kopi racikan anda.

  1. High Density Polyethylene (HDPE) Kode 2

Mengemas kopi dengan bahan plastik yang satu ini memiliki sifat keras hingga semi fleksibel serta tahan terhadap bahan kimia maupun kelembapan. Mempunyai permukaan yang berlilin, buram serta mudah untuk diwarnai. Pada umumnya bahan ini digunakan untuk mengemas es krim maupun margarin atau mentega.

  1. Polivinil Klorida (PVC) Kode 3

PVC ini terbagi menjadi dua jenis, yang pertama yaitu mempunyai sifat yang kaku hingga semi kaku, kuat, jernih, keras, serta bentuknya dapat diubah dengan menggunakan larutan. Sedangkan yang kedua jenisnya adalah PVC displastisasi atau lunak. PVC jenis kedua ini mempunyai sifat yang dapat dikerutkan dengan menggunakan air jernih. Sedangkan untuk mengemas kopi untuk mengemas hasil racikan kopi anda, sebaiknya menggunakan jenis PVC yang kedua.

  1. Low Density Polyethylene (LDPE) Kode 4

Untuk jenis plastik ini mempunyai sifat kuat, kedap air, fleksibel, tidak jernih tetapi dapat tembus cahaya serta permukaannya yang berlilin. Plastik ini relatif aman untuk digunakan untuk mengemas berbagai jenis makanan termasuk untuk mengemas kopi hasil racikan anda yang siap untuk dikemas dan diperjualbelikan dipasaran.

  1. Polipropilen (PP) Kode 5

Jenis plastik yang berkode 5 ini mempunyai sifat yang tidak jernih namun tetap tembus cahaya, permukaannya yang berlilin, fleksibel, tahan terhadap panas, minyak serta bahan kimia. Pada umumnya jenis plastik ini digunakan untuk membungkus makanan ringan seperti halnya biskuit, sereal, chips dan sebagainya. Untuk itu, anda juga dapat menggunakan jenis plastik yang satu ini untuk mengemas kopi.

Itulah jenis-jenis plastik yang dapat anda gunakan untuk mengemas kopi agar tetap terjaga aroma serta kesegarannya saat dinikmati oleh para pecinta kopi. Memang untuk menjaga aroma serta cita rasa khas dari kopi yang anda racik, anda harus pintar dalam memilih jenis plastik yang akan anda gunakan. Namun anda juga harus memperhatikan biaya produksi yang harus anda keluarkan untuk mengemas kopi tersebut. Hal ini tentunya dengan tujuan agar kopi anda dapat dikemas dengan bahan plastik unggulan namun tetap dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Dan yang paling utama cita rasa, aroma serta kesegaran kopi hasil racikan anda tetap terjaga kualitasnya.

Memang hal ini menjadi salah satu PR tersendiri bagi para produsen kopi untuk menghasilkan plastik kemasan kopi yang tepat serta dapat menarik para konsumen dipasaran. Untuk itu pilihlah jenis plastik yang memang anda rasa dapat menjaga kualitas dari kopi anda dan jangan lupa cetak kemasan kopi anda dengan desain sablon kemasan yang menarik pula. Hal ini bertujuan untuk menarik minat para konsumen agar melirik dan tertarik dengan kopi produksi anda. Serta tentunya kopi hasil racikan siap untuk naik kelas jika anda tepat dalam memilih kemasan plastik serta desain yang menarik. Yuk konsultasikan kebutuhan kemasan untuk produk kopi yang kamu jual dengan menghubungi kontak diKemas.com di bawah ini! Ada gratis desain sampai bebas ongkir ke banyak wilayah!

Konsultasi (WA)

Tinggalkan komentar