Tips Kemasan

Keunikan Kopi Wamena Yang Khas, Kopi Terbaik dari Papua

keunikan-kopi-wamena-yang-khas-kopi-terbaik-dari-papua

 

Kopi Wamena adalah salah satu kopi organik karena tumbuhnya secara alami tanpa adanya campuran pupuk atau bahan kimia. Kopi Wamena ini kadar asamnya cukup rendah sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun. Bahkan semua golongan umur bisa menikmati kopi yang satu ini. Kopi ini termasuk dalam kopi organik atau alami karena tumbuh secara alami. Bahkan proses olahan biji kopi masih menggunakan cara manual. Inilah yang menjadikan rasanya nikmat dan berkarakter.

Setiap kopi di nusantara ini memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda – beda. Antara kopi satu dengan yang lainnya memiliki khas masing – masing. Kopi Wamena ini banyak tumbuh di Papua dan salah satu jenis kopi arabica. Pengolahan biji kopi ini sangat unik, para petani dari daerah Papua menggunakan teknik pengupasan basah. Dengan teknik ini para petani mengupas kulit luar kopi dengan menggunakan luwak. Kemudian kopi difermentasi selama kurang lebih 10 jam. Lalu dikeringkan hingga kandungan airnya hanya tinggal 12%.keunikan-kopi-wamena-yang-khas-kopi-terbaik-dari-papua

Kopi Organik Yang Khas

Alaminya kopi yang satu ini dari proses penanaman hingga pengolahannya menjadikanya kopi ini sangat langka dan juga mahal. Perkebunan kopi Papua di Wamena terletak di sepanjang lembah yang mengelilingi kota Wamena, Lembah Baliem. Terkhususnya dekat dengan Gunung Jayawijaya. Kopi bagian timur Indonesia ini memang sangat istimewa dan nikmat. Daerah Papua ini merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik dunia baik dari jenis kopi arabica maupun robusta.

Kopi Wamena jadi salah satu kopi nusantara premium yang mampu bersaing dengan kopi nusantara maupun mancanegara. Suhu dingin pada dataran tinggi ini merupakan tempat tumbuh Kopi Wamena. Setiap tahunnya saja daerah ini mampu menghasilkan kopi sekitar 230 ton.

KOPI WAMENA

Daerah Asal Kopi Wamena

Kopi Wamena jenis arabica ini tumbuh di Lembah Baliem di pegunungan Jayawijaya Wamena diatas ketinggian 1.600 mdpl. Kopi ini tumbuh subur di tanah perkebunan tanah vulkanik dengan suhu dingin. Cuaca dan suhu pada dataran tinggi tersebut sangat cocok untuk pertumbuhan kopi yang satu ini. Faktor lingkungan dan proses penanaman yang sangat alami dan masih menggunakan cara tradisional menjadikan biji kopi ini memiliki cita rasa yang khas. Semakin tinggi tempat tanaman kopi ini tumbuh maka kualitas kopi ini pun akan semakin baik pula.

Ciri Khas

Kopi Wamena Papua ini terkenal di dunia akan rasanya yang balance dan smooth. Aroma kopi ini sangat berkarakter dan harum yakni memiliki aroma coklat dan floral. Bentuknya medium dan memiliki rasa yang manis sehingga tidak pahit ketika dikonsumsi. Memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman dikonsumsi.

Selain itu rasa yang khas dari kopi ini juga turut menjadikannya kopi ternikmat dan memiliki cita rasa yang khas. Rasa yang cenderung earthy dengan campuran sensasi herbal, bahkan setelah diteguk pun akan meninggalkan sisa rasa smokey.

Rasa ini tergolong cukup unik karena tak semua kopi nusantara memiliki aroma dan rasa yang seperti ini. Sensasi rasa floral tersebut muncul dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan alaminya tanpa adanya campuran kimia apapun.

Kelebihan Kopi Wamena

Kopi Wamena ini memiliki rasa coklat, buah dan earthy, tentunya sangat cocok bagi para pecinta kopi yang menyukai karakter aromatic. Sebagai kopi organik yang khas kopi ini sangat premium. Rasa earthy dan herbal inilah yang menjadikan Kopi Wamena ini sangat disukai dunia. Bahkan negara amerika adalah salah satu negara yang telah sejak lama mengekspor kopi ini.

Kelebihan Kopi Wamena dari kopi nusantara lainnya adalah aromanya yang harum seperti madu, permen, coklat karamel. Ciri khasnya memiliki kekentalan yang cukup tinggi dan memiliki tingkat keasaman yang rendah. Rasa coklat dengan aroma tembakau yang sangat khas. Dan ketika di teguk meninggalkan sisa coklat karamel yang smokey. Teksturnya yang sangat ringan, membuatnya minim ampas. Meskipun harumnya khas dan semerbak namun rasanya tidak asam.

Kualitasnya yang tinggi dan bagus inilah yang menjadikannya sangat digemari oleh para pecinta kopi di dunia. Rasa yang khas dan juga masuk dalam kopi organik ini menjadikan kualitasnya tidak bisa diragukan lagi. Sudah pasti rasanya nikmat dan berkarakter dengan aroma kopi yang unik. Meskipun Kopi Wamena ini jenis kopi arabica yang mana harganya lebih mahal dibandingkan dengan robusta. Namun tetap tak menyurutkan penikmatnya di seluruh dunia.

Nah itu tadi adalah gambaran sedikit tentang Kopi Wamena Papua yang khas dengan keunikanya. Kopi terbaik di Papua yang sangat mendunia, selanjutnya kita akan bahas mengenai beberapa contoh kemasan kopi apa saja yang biasanya digunakan dan menjadi favorit para pebisnis kopi.

Kemasan Kopi Wamena Papua

Standing Pouch Aluminium Foil

Kemasan ini namanya standing pouch aluminium foil yang sedang hits dan paling banyak digunakan saat ini. Bahanya adalah laminasi bagian luarnya doff atau istilah lainnya laminasi mate. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan, model stand pouch doff aluminium foil banyak dipakai para pelaku bisnis kopi bubuk maupun biji kopi.

Terbuat dari bahan full aluminium foil dengan kualitas food grade premium, kemasan stand pouch ini punya beberapa varian warna yakni hitam, gold, putih dsb. Dan menariknya sekarang standing pouch ini ada beberapa warna loh. Bisa disablon dengan desain menarik dan kekinian juga. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon maupun di tempelin stiker buat nunjukin produk brandmu.

standing-pouch-aluminium-foil-wamena

Kelebihan kemasan stand pouch :

  1. Laminasi pada kemasan stand pouch aluminium foil hitam, putih, gold, hijau, merah dan masih banyak lagi. Kemasan ini banyak dicari para pelaku usaha kopi karena kemasan terlihat lebih elegan dan eksklusif.
  2. Stand pouch kopi dari aluminium foil ini dilengkapi dengan zipper lock yang berfungsi sebagai pengaman ekstra, sehingga aroma dan kualitas kopi masih bisa tetap terjaga meski kemasan sudah dibuka segelnya oleh para konsumen.
  3. Tidak hanya itu saja, kemasan kopi ini jg bisa ditambahkan lubang valve udara, sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan udara luar masuk ke dalam kemasan.
  4. Untuk mempercantik kemasan, pelaku bisnis kopi juga bisa menambahkan sticker brand atau merk yang dipasarkan.

Standing Pouch Craft

standing-pouch-craft-wamena

kemasan berikut ini adalah standing pouch craft, kemasan ini terbuat dari kertas coklat dan laminasi dalamnya alufoil. Berlaminasi dalam alufoil membuat produk bubuk tidak mudah menggumpal dan tetap menjaga aroma kopi lebih lama. Untuk menutup kemasan ini bisa menggunakan mesin handsealer.
Kemasan ini juga bisa diaplikasikan menggunakan sablon ataupun stiker untuk cetak desainnya. Gratis desain untuk setiap pembelian kemasan. Kemasan ini juga bisa ditambah dengan lubang valve ( lubang hirup untuk aroma kopi ).
Kelebihan dari kemasan standing pouch craft ini adalah bahannya yang snagat elegan, kemasan ini juga bisa dilengkapi denģan window yang akan membuat produk kamu terlihat dari luar kemasan sehingga tampak lebih menarik. Menariknya lagi kemasan ini ditambah dengan adanya zipper lock sehingga ketika produk dibuka bisa ditutup kembali tanpa takut tumpah.

Standing Pouch Printing Doff

standing-pouch-printing-doff-wamena

Kemasan ini namanya standing pouch alupaper printing doff terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam dan bagian luar dilaminasi art paper yang bisa diprint dengan desain merk/ brand produk sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis kopi.

Pada umumnya kemasan stand pouch alupaper ini dipilih para pelaku bisnis kopi yang ingin naik kelas dengan kemasan yang sudah dibranding dengan merk/ brand produk yang dipasarkan, namun dengan minimal order yang masih cukup terjangkau. Kemasan stand pouch printing ini bagian dalamnya dilapisi bahan aluminium foil dengan dilaminasi art paper printing dengan tampilan glossy maupun doff.

Kelebihan standing pouch printing doff :

  1. Kemasan yang sudah dilengkapi merk/ brand produk yang mereka pasarkan. Dengan adanya kemasan standing pouch alupaper printing ini.
  2. Meski tidak dilengkapi dengan zipper, tapi kemasan stand pouch ini bisa direkatkan dengan alat pres listrik atau UKM biasa menyebutnya dengan istilah hand sealer.
  3. Laminasi glossy ataupun doff pada kemasan stand pouch alupaper, membuat kemasan terlihat semakin eksklusif dan elegan sehingga mempertajam desain merk/ brand yang dipasarkan.

Kemasan Sachet Kopi

kemasan-sachet-kopi-wamena

Kemasan sachet kopi ini terbuat dari bahan aluminium foil. Selama ini kemasan sachet kopi sengaja diproduksi dengan bahan aluminium foil karena jenis material tersebut cukup kuat untuk mempertahankan aroma dan cita rasa kopi yang dikemas di dalamnya. Biasanya ada beberapa ukuran yakni 50 gram, 25 gram, 20 gram, dan 10 gram.

Selama ini produk kemasan sachet kopi yang paling banyak digunakan yaitu menggunakan kemasan sachet aluminium foil, bahan ini seringkali dipilih karena selain mampu menjaga keawetan produk, tapi juga kedap udara sehingga aroma kopi tidak cepat hilang ketika dalam plastik kemasan.