Inspirasi Kemasan Kopi Flat Bottom Simpel dan Kekinian!

Kemasan kopi flat bottom merupakan salah satu jenis kemasan yang cocok untuk mengemas bubuk kopi supaya tampil lebih menarik. Jenis kemasan ini bentuknya adalah kombinasi dari kemasan standing pouch dan kemasan gusset.  Kemasan gusset kotak atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan kemasan kopi flat bottom ini merupakan salah satu jenis flexible packaging yang sekarang paling banyak digunakan pelaku bisnis kopi kekinian untuk bungkus kopi bubuk. Modelnya yang eksklulsif dan diproduksi dengan material berkualitas tinggi sepert iPPE, LLDPE, MET, PVC, BOPP, dan PET semakin memperkuat daya tarik kemasan kopi flat bottom.

Model Kemasan Kopi Flat Bottom

Kemasan kopi flat bottom sekarang eksistensinya sudah makin menyebar di antara pecinta kopi maupun pelaku bisnis kopi nusantara. Ukuran kemasan kopi flat botoom juga bervariasi jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengemas produk kopi bubuk. Kalau bahan atau material kemasan kopi flat bottom juga beragam. Mulai dari material metalize, aliminium foil, atau pun material kertas kraft.

paper-cup-baner-web

Keunggulan Kemasan Kopi Flat Bottom

Sejauh ini kemasan kopi flat bottom tidak hanya dijadikan sebagai bungkus kopi, tapi juga memiliki banyak keunggulan lain dibandingkan jenis kemasan kopi lainnya. Inilah beberapa keunggulan kemasan model flat bottom untuk mengemas kopi bubuk racikan kamu.

1. Kemasan flat bottom sangat mudah digunakan, terutama bagi konsumen yang ingin menyimpan produk kopi bubuk dalam waktu lama. Karena kemasan kopi yang satu ini dilengkapi dengan zipperlock.

2. Model kemasan kopi flat bottom diproduksi dengan lapisan laminasi dengan bahan metalize atau aluminium foil, sehingga kuat untuk menjaga kopi bubuk di dalamnya dari kelembaban. Jadi produk kopi yang dikemas lebih segar dan tahan lama.

3. Kemasan flat bottom bagian bawahnya berbentuk kotak sehingga bisa dipajang di rak display dengan sangat rapi. Membantu produsen kopi untuk bisa tembus pasar ritel modern.

4. Untuk pelaku bisnis UKM kopi yang menginginkan kemasan kantong fleksibel dengan brand, bisa ditambahkan label produk dengan stiker, sablon, atau desain printing.

5. Tampilannya yang elegan membuat produk kopi yang dibungkus dengan flat bottom laku di pasaran dengan harga yang lebih mahal.

6. Kemasan flat bottom juga dilengkapi zipper yang bisa dibuka tutup, lubang katup udara (valve), dan batas sobekan untuk membudahkan konsumen membuka kantong kopi.

7. Sekarang ini model kemasan kopi flat bottom tersedia dalam berbagai varian warna, mulai dari merah, silver, gold, dan hitam. 

Kenapa Kemasan Itu Penting?

Salah satu hal yang bisa menciptakan ciri khas untuk usaha kopi kamu adalah kemasan kopi yang tepat dan berkualitas. Kenapa kemasan kopi menjadi hal yang penting untuk membangun identitas dan ciri khas bisnis kopi kamu? Berikut ini lima alasan kenapa kemasan kopi bisa menguatkan daya saing bisnis kopi yang kamu jalankan.

1. Menguatkan Identitas Produk

Seperti yang udah dibahas sebelumnya kalau persaingan bisnis di Indonesia saat ini memang ketat. Makin banyak ide kreatif dan inovatif yang bermunculan. Sehingga semakin banyak bisnis serupa yang berkembang. Terus bagaimana caranya bisnis kamu berbeda dengan kompetitor atau bisnis kopi lainnya? Kemasan! Buatlah kemasan kopi flat bottom yang “ini gue banget” untuk racikan kopi yang kamu jual. Dalam artian, kemasan kopi bisa merepresentasikan produk atau bisnis kamu. Kemasan yang berhasil adalah kemasan yang akan membuat calon konsumen langsung mengenali produk kamu. Menggunakan kemasan kopi yang tepat bisa sekaligus membranding produk kamu sehingga memiliki ciri khas atau identitas tersendiri.

2. Melindungi Produk

Kemasan juga akan melindungi dan mejaga kualitas produk kamu. Bayangin deh kalau kamu punya bisnis kopi tapi kemasannya kurang oke? Apalagi kalau bahannya yang kurang berkualitas. Selain bisa merugikan konsumen, kemasan yang kurang tepat juga akan memberikan kesan yang kurang baik untuk perkembangan bisnis kopi kamu. Pada dasarnya kemasan kopi yang tepat bisa melindungi produk mulai dari proses produksi, penjualan dan promosi, display produk, distribusi, hingga sampai ke tangan konsumen.

3. Meningkatkan Daya Tarik

Kopi yang dikemas dengan cantik akan memiliki nilai penjualan yang lebih tinggi daripada produk yang dikemas ala kadarnya. Orang cenderung akan lebih ingin mencari tahu produk yang kemasannya menarik dan memiliki nilai lebih seperti desain yang bagus dan bahan yang ramah lingkungan. Apalagi saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Terutama dengan limbah yang dihasilkan, kemasan yang ramah lingkungan akan lebih disukai daripada kemasan yang sulit diuraikan.

4. Memuat Informasi Produk

Biasanya dalam sebuah kemasan tidak hanya termuat nama produk saja, tapi juga informasi seputar produk. Calon konsumen biasanya mencari informasi pada kemasan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Penambahan informasi produk pada kemasan juga bertujuan agar mudah dilihat oleh konsumen. Jadi, konsumen akan semakin yakin untuk melakukan pembelian. Informasi yang perlu dimuat dalam kemasan kopi flat bottom di antaranya adalah merk, tanggal kedaluwarsa, bahan baku, angka kecukupan gizi, tanggal produksi, dan lain sebagainya. Bisa juga kamu tambahkan quotes atau lelucon pada desain kemasan kopi kekinian. Sesuaikan dengan identitas bisnis dan siapa segmen pasar yang kamu bidik.

5. Memudahkan Penggunaan

Pada dasarnya kemasan tercipta untuk memudahkan tiga hal di luar membangun brand. Ketiga hal itu adalah memudahkan untuk digunakan, dibawa, dan disimpan. Hal-hal tersebut bukan hanya ditujukan untuk konsumen. Tapi untuk kamu juga sebagai produsen. Jadi, pilihlah kemasan kopi yang bisa menguatkan brand sekaligus memudahkan dalam penggunaan produk.

Jenis Kemasan Kopi Flat Bottom

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau kemasan model flat bottom ini jenisnya juga beragam. Sesuai dengan material kemasannya. Berikut ini jenis model kemasan kopi flat bottom yang bisa kamu pilih untuk mengemas produk kopi bubuk.

Kemasan Kopi Flat Bottom Paper Craft

Kemasan Kopi Flat Bottom Paper Craft
https://dikemas.com/

Material kemasan flat bottom paper craft memiliki sifat kuat serta banyak digunakan untuk membuat kantong kertas berukuran besar. Kertas ini terbuat dari kayu kraft yang berasal dari Swedia dan Jerman. Di mana dalam pengolahannya dicampur dengan bubur sulfat. Dengan menggunakan kertas ini maka kopi yang kamu kemas akan tetap kering, terlebih jika permukaannya dilem dengan menggunakan resin. Bagian luar memang berbahan kertas tapi bagian dalam kemasan berbahan aluminium foil yang melindungi bubuk kopi dengan baik.

Kemasan Kopi Flat Bottom Aluminium Foil

Flat Bottom Alufoil
https://dikemas.com/

Flat bottom alufoil merupakan jenis kemasan yang paling digemari oleh para pebisnis kopi. Pilihan warna untuk jenis kemasan flat bottom pouch juga beragam. Mulai dari kemasan flat bottom pouch warna silver, gold, hitam, putih, dan warna cokelat kertas. Kemasan flat bottom pouch adalah kombinasi dari kemasan standing pouch dan kemasan gusset pouch. Bentuk kemasan flat bottom pouch adalah paduan antara kemasan berbentuk gusset yang menggunakan zipper sebagai penutup.

Kemasan Kopi Flat Bottom Metalize

Kemasan Kopi Flat Bottom Metalize
https://dikemas.com/

Kemasan flat bottom bahan metalize harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kemasan aluminium foil. Kalau dari segi tampilan, kemasan ini akan mengkilap dengan beberapa pilihan warna yang bergam. Seperti silver, merah, gold, hitam, hijau, dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Teknik cetakannya bisa menggunakan sablon atau ditempel dengan stiker label kemasan.

Itulah ulasan lengkap tentang kemasan kopi flat bottom yang bisa kamu pilih untuk mengemas racikan kopi bubuk kamu. Kalau masih bingung gimana cara bikin desain kemasan yang simpel dan elegan, kamu bisa konsultasi dan dibuatkan desain kemasan kopi tanpa dipungut biaya. Caranya mudah, kamu tinggal menghubungi kontak tim diKemas.com di bawah ini.

Tinggalkan komentar